View First Unread
Kamis, 22 Desember 2016 | 14:55:43
# 1
septi dwi
Member
image 115 x 115

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor

Cara Melakukan perbaikan Aki Kering - Kamu tentunya belum tau ya bila motor sekarang ini rata-rata menggunakan aki kering, aki basah uda di tinggalkan untuk penggunaan di motor. Namun untuk truk umumnya masihlah memakai aki basa. Apa cost untuk produksi lebih murah yaa dari aki kering. Aki kering umumnya di sebut dengan MF batterai (Maintenance Free) artinya type aki itu bebas perawatan lantaran tak membutuhkan pengisian air aki atau zuur dengan cara harus serta berkala. Kelebihan aki kering ini dapat di posisikan tegak atau miring, namun bila aki basah, kamu mesti meletakkannya dalam posisi tegak, bila kamu salah memposisikannya, jadi dapat juga aki basah itu jadi rusak.

Keunggulan memakai aki type MF adalah lebih kuat bertahan serta mempunyai performa yang begitu tinggi mutunya lantaran menggunakan sparator spesial serta grid yang dapat bertahana pada korosi. Dengan harga yang sedikit mahal dari semuanya type aki basah, maka dari itu kamu mungking tambah baik bila belajar langkah melakukan perbaikan aki kering yang rusak atau soak.

Baca Juga :

Modifikasi honda tiger terbaru

Modifikasi Yamaha Byson dan Biayanya

Sekarang ini nyaris semua perlengkapan elektronik dari mulai lampu senter emergency sampai system elektrikal pada mobil atau motor menerapkan aki MF sebagai penyimpan serta pemasok tegangan DC nya. Sebelumnya sahabat lakukan praktik langkah melakukan perbaikan aki kering yang tekor, Sahabat dapat menyiapkan sebagian bahan serta alat untuk peralatannya.

Air aki (zuur) yakinkan kamu beli dengan benar yakni air yang dipakai untuk isi baru, bukanlah untuk isi lagi. lantaran tidak sama kandungan pada air zuur. 
Obeng (-) atau pencukit yang mungkin saja dapat dipakai untuk pembuka cover sisi atas aki kering. 
Untuk memasukkan air saya atau zuur itu, kamu dapat memakai jarum suntik untuk menyuntuikkan kedalam kotak aki MF. 
Janganlah lupa sediakan kain lap untuk beerjaga apabila mana ada cairan yang menetes dari aki.

Langkah Gampang Melakukan perbaikan Aki Kering 
Awal sediakan aki kering yang kamu bakal perbaiki serta upayakan dibikin bersih terlebih dulu dari kotoran-kotoran debu yang menepel di bagian bodi aki kering memakai air hangat supaya kotoran dapat gampang terlepas. 
Buka penutup sisi atas aki dengan memakai obeng minus dengan cara paksa, tetapi hati-hati jangan pernah pecah. Umumnya tutup merekat kuat yang di lem kuat oleh pabrikan supaya tak gampang alami kebocoran.

Sesudah terbuka, kamu bakal dapatkan tutup kecil dari karet bulat umumnya terbagi dalam 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil, serta dapat semakin banyak untuk ukuran aki kering yang besar. 
Sediakan air aki zuur, serta dengan memakai suntikan. Kemudian masukan cairan zuur kedalam tiap-tiap lubang. Kerjakan dengan cara hati-hati dengan ukuran optimal 1 cm dibawah lubang jangan pernah sangat penuh. 
Sesudah usai, tutup kembali lubang serta yakinkan sudah tertutup rapat kencang serta jangan pernah ada tanda-tanda kebocoran pada box aki kering. 
Posisikan penutup body pada bodi aki hingga tampak rapi serta rapat. Bila sahabat tadi membukanya dengan cara paksa serta kusruh, kamu dapat memberikannya lem bakar atau lem tempak supaya menempelkan dengan prima.

Aki kering telah siap dikerjakan pengisian lagi dengan charger untuk pengisian awal lewat cara menghubungkan pada motor atau mobil yang telah menyala (jumper) supaya aki yang baru di perbaiki ini memperoleh tegangan inject awal sebagai starter. Atau kamu dapat memakai pengecasan dengan trafo (charger transformator) untuk pengisian aki yang lebih cepat tanpa ada repot. 
Sesudah usai pengisian kamu dapat lakukan penelusuran apakah aki itu telah mempunyai tegangan atau belum. Bila telah kamu dapat menempatkan kembali ke mobil atau motor yang kamu punyai. Lalu kerjakan starter untuk menyalakan mesin. Bila mesin sudah sukses dinyalakan, kamu biarlah pada posisi stationer (putaran langsam) sampai 20 menit untuk sesuaikan tegangan isi aki dengan stabil. 
Nah, dari bagian tahapan diatas dapat kamu menjadikan rujukan untuk kamu yang tengah memerlukan info berkaitan lewat cara melakukan perbaikan aki kering. Mudah-mudahan berguna untuk kamu semuanya.