View First Unread
Rabu, 26 Juli 2017 | 21:22:07
# 1
akmalbahtiar
Member
image 115 x 115

Jenis-jenis Jahe dan 1001 Khasiatnya

Jenis-jenis Jahe dan 1001 Khasiatnya

Jahe merupakan tanaman obat berbentuk tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe berasal berasal dari Asia Pasifik yang tersebar berasal dari India hingga Cina. Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut sebagai bangsa yang pertama kali mengfungsikan jahe khususnya sebagai minuman, bumbu matang dan obat-obatan tradisional.
Jahe termasuk tumbuhan didalam suku temu-temuan, nama ilmiah untuk jahe adalah Zingiber officinale dan merupakan sefamili bersama temuan lainnya seperti, temu lawak nama latinnya Cucuma xanthorrizla, termasuk kunyit bersama nama latin Cucuma domestika. Didaerah indonesia jahe punyai nama yang tidak sama antara lain halia (Aceh), bahing (batak Karo), Jahi (Lampung), jahe (sunda), jae (jawa dan bali).

Macam-Macam Jenis Tanaman Jahe

Jahe dibagi jadi tiga tipe berdasarkan ukuran, wujud dan warna rimpangnya. Umumnya dikenal 3 varietas jahe, yaitu:
Jahe putih/kuning besar atau termasuk disebut Jahe gajah atau Jahe badak. Alasannya karena tipe jahe ini berimpang lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih mengembung daripada varietas yang lainnya. Jenis jahe ini biasanya dikonsumsi baik selagi berumur muda maupun berumur tua. Baik sebagai jahe fresh maupun jahe olahan.

Jahe putih/kuning kecil atau disebut termasuk Jahe sunti atau Jahe emprit. Karna ruas jahe ini kecil, agak rata hingga aga sedikit mengembung. Jahe ini selamanya dipanen setelah berumur tua. Kalau ditanya kenapa kok tidak dipanen selagi muda? Jujur aku termasuk tidak cukup faham, bisa saja saja rasanya akan tidak cukup mantap jika dipanen muda. Penyebab rasa pedas pada jahe karena persentase minyak atsirinya, dan jahe tipe ini punyai yang lebih banyak berasal dari pada tipe jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas. Disamping seratnya tinggi, jahe ini sesuai untuk ramuan obat-obatan atau termasuk sanggup untuk diekstrak.

Jahe merah rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil daripada jahe putih kecil. Sama seperti jahe kecil, jahe merah selamanya dipanen selagi setelah tua dan termasuk punyai persentase minyak atsiri yang serupa bersama jahe kecil, sehingga sesuai untuk ramuan obat-obatan.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Jahe

Sobat tau apa aja manfaat dan khasiat tanaman jahe ? ternyata setelah aku membaca buku dan ikuti pelatihan budidaya jahe, tumbuhan ini terlampau berfungsi untuk kita. Berikut ini beberapa ulasan tentang keuntungan tanaman jahe untuk manusia:

Jahe sebagai bumbu dapur seperti bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit dan kembang gula. Selain untuk pelengkap dapur rimpang jahe termasuk dimanfaatkan untuk minuman fresh yang menghangatkan tubuh bersama aroma dan rasa pedas yang khas.

Manfaat jahe adalah mendukung proses pencernaan didalam tubuh kita, karena jahe mengandung dua enzim yakni protease dan lipase yang tiap-tiap bertugas mencerna protein dan lemak. Tak cuma itu kawan jahe termasuk digunakan untuk penyembuhan kuno seperti, batuk, selesma, diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artitis. Juga bisa dijadikan sebagai obat batuk tradisional pada anak.

Khasiat minuman jahe untuk kebugaran terlampau besar didalam menahan penyakit seperti, stroke dan jantung yang disebabkan peredaran darah yang tersumabat, geberol pada jahe berbentuk anti koaugulan, yakni menahan penggumpalan darah. Geberol termasuk berfungsi untuk turunkan persentase kolestrol. Tumbuhan ini termasuk sanggup mengobati rematik , bersama langkah sedia kan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut diatas api atau bara kemudian ditumbuk. Tempelkan tumbukan jahe pada anggota tubuh yang sakit rematik.

Luka lecet, ditikam benda tajam, jatuh, terkena duri dan juga gigitan ular sanggup diatasi bersama rimpang jahe ini. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Kemudian letakkan pada anggota yang terluka. Dari penelitian-penelitian modern tentang tumbuhan jahe.Hasil penelitian bahwa ekstrak jahe, baik berasal dari jahe fresh atau pun jahe kering berkhasiat didalam menangani infeksi bakteri, jamur , kejang, nyeri, luka, dan juga gangguan lambung, tumor, kram dan reaksi alergi. 
Sebenarnya masih banyak kembali manfaat dan khasiat jahe untuk kesehatan. Diatas sudah kami kupas tentang histori singkat tumbuhan jahe, jenis-jenisnya dan khasiatnya untuk kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita, Salam hangat. 

Selasa, 01 Agustus 2017 | 13:08:21
# 2